Welcome to my blog "site about my diary, coment about social, economics and politics"

Senin, 07 Juli 2008

Tips Hemat Belanja

Bagi yang hobi belanja, belanja merupakan hal yang menyenangkan. Kadangkala tanpa disadari uang tiba-tiba habis untuk membeli barang yang belum tentu kita butuhkan. Hanya karena tertarik dengan barang tersebut uang pun melayang. Setelah dibeli ternyata barang tersebut tidak dipakai. H..m...kok bisa gitu ya?

Itu artinya, kita belum bisa memilah-milah apa yang kita butuhkan dan apa yang tidak. Tidak perlu gengsi atau buat sombong-sombongan. Belilah barang sesuai kebutuhan kita. Itu yang utama. Lalu bagaimana caranya menghemat belanja kita dan tidak tergoda untuk membeli barang yang tidak kita butuhkan? berikut tipsnya.

1. Menghemat belanja baju
Apabila pergi ke mall, pikirkan apa yang hendak kita beli sebelumnya. Jangan pernah masuk ke tempat penjualan baju atau swalayan baju apabila kita tidak berniat untuk membeli baju sebelumnya.
Cari informasi tempat membeli baju yang murah dan bagus. Tidak perlu membeli baju di mall apabila memang ada tempat yang lebih murah. Tidak perlu melihat merk, yang penting mutu bagus dan pas di badan. Kadang kala baju yang bermerk bagus pun apabila tidak cocok dengan postur badan kita jadi terlihat jelek.

2. Menghemat belanja puls
Jangan pernah nelpon atau sms apabila tidak ada keperluan. Kecuali untuk menjaga good relationship. Itu juga jangan berlebihan.
Pakailah layanan operator yang paling hemat pulsa. Tentunya disesuaikan dengan kebutuhan kita. Apabila kita banyak menelepon, pakailah layanan telepon yang murah pulsa bicaranya. Apabila kita sering sms dibanding telpon, pakailah operator dengan tarif sms termurah.
Belilah pulsa di counter yang menawarkan harga paling murah. Isilah dengan nominal pulsa yang besar. Beli nominal pulsa yang kecil membuat kita semakin sering membeli pulsa. Semakin sering membeli pulsa, kita semakin boros karena nilai belanja pulsa dengan nominal yang sama akan semakin besar.

3. Menghemat belanja makan
Jangan sering-sering makan di luar he..he..Makanlah di rumah alias masak sendiri. Kalau tidak sempat, bawalah bekal makan siang ke tempat kerja. Tidak perlu beli makanan mahal, yang penting gizi kita tercukupi.

4. Menghemat belanja transportasi
Apabila rumah dekat ke tempat kerja tidak perlu membawa kendaraan bermotor. Jalan kaki saja lah, selain sehat itu akan menghemat pemakaian bbm kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar