Welcome to my blog "site about my diary, coment about social, economics and politics"

Minggu, 20 Juli 2008

Ekonomi Indonesia Tumbuh

Yesss, ekonomi katanya bakalan tumbuh 9% pada tahun 2011. Artinya negara kita akan menjadi lebih terhormat di mata dunia. Kita sebagai warganegara pastinya akan bangga pula. Tapi,..

Itu kan baru prediksi, artinya kenyataan di lapangan nantinya mungkin berbeda. Tergantung dari situasi politik dan keamanan yang ada di negara kita. Tetapi ada hal yang sebenarnya jarang sekali disebut. Apakah dengan pertumbuhan sebesar itu akan mengurangi tingkat kemiskinan dengan significant?

Sama sekali hal itu tidak akan mengurangi tingkat kemiskinan, kenapa? dengan pertumbuhan sebesar itu artinya akan menyebabkan inflasi yang luar biasa juga. Pendapatan masyarakat mungkin meningkat tajam, tapi apalah artinya jika kebutuhan hidup juga naik. Apalagi bila kenaikan pendapatan ternyata hanya dinikmati sebagian orang yang menikmati pertumbuhan tersebut.

Mungkin sebagian orang berpendapat dengan kenaikan pendapatan akan mengurangi tingkat pengangguran. Mungkin hal ini terjadi, tapi bagaimana dengan masyarakat kelas bawah kita yang tidak mengenyam pendidikan yang layak? Mereka tidak akan mampu bersaing. Pertumbuhan seharusnya meningkatkan kualitas pendidikan. Termasuk memberikan pendidikan gratis bagi orang-orang tersisih yang karena nasib dan keturunan serta keadaan harus menjadi orang miskin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar